loading...

Ukuran Kandang yang Ideal Bagi Puyuh

Kandang yang baik mempertimbangkan ukuran yang sesuai dengan jumlah burung puyuh yang kita pelihara. Ukuran ideal atau luas kandang burung puyuh yang ideal adalah sebagai berikut,
a. Luas kandang 1 meter persegi dapat dipergunakan untuk menampung burung puyuh umur antara 1 sampai 7 hari sebanyak 150 ekor. Untuk ukuran yang sama, bila dipergunakan buat menampung burung puyuh yang berumur 1 minggu sampai 2 minggu, maka akan dapat muat 115 ekor burung puyuh. Apabila dipergunakan buat puyuh yang berumur 2 minggu sampai 3 minggu, sebaiknya diisi 100 ekor saja.

Untuk puyuh yang telah berumur 3 sampai 5 minggu maka kandang yang berukuran 1 meter persegi ini baiknya diisi 75 ekor puyuh. Kemudian kalau puyuh telah berumur 5 sampai 7 minggu maka kandang tersebut diisi dengan 60 ekor. Selanjutnya kalau kandang tersebut akan dipakai untuk puyuh yang telah berumur 7 minggu ke atas, sebaiknya diisi 50 ekor. Dengan demikian puyuh-puyuh yang telah dewasa itu tak terlalu berdesak- desakan. Juga kalau terlalu banyak nanti kandang menjadi gaduh dan tak jarang sesama puyuh itu lalu berkelahi. Bila hal itu terjadi maka akibatnya akan menjadikan " stress ". Apalagi kalau di kandang itu juga diletakkan alat/tempat makanan dan minuman, maka akan bertambah sesak.


Kandang untuk burung puyuh ini. bisa dibuat bertingkat-tingkat, Misalkan bisa dibuat bertingkat 2 atau 3 atau 4 bahkan bisa juga 5. Akan tetapi untuk memudahkan pekerjaan kita, maka dianjurkan agar dibuat tingkat 3 saja, agar memudahkan pekerjaan pembersihan kandang. Tinggi kandang yang ideal antara 35 - 40 cm. Apabila kita membuat kandang tingkat tiga, paling tidak tingginya 1,20 m. Tinggi yang sekian ini sangat ideal buat pembersihan dan perawatan burung-burung puyuh itu sendiri.

Kalau mau dibuat tingkat 5 , maka tingginya akan mencapai 2 meter. Belum lagi kalau atasnya akan kita beri seng semacam wuwungan, maka ini akan menambah tinggi lagi. Dalam ketinggian 2 meter, jika akan membersihkan tentunya memerlukan kursi atau meja untuk panjatan.
Karena itulah, menurut penelitian, tinggi 2 meter atau tingkat lima itu tidak praktis. Maka harus disesuaikan saja dengan kebutuhan ruangan tempat kandang yang ada.