loading...

Persiapan Beternak Puyuh

Sebelum kita mempunyai niat untuk beternak puyuh, sebaiknya kita harus konsultasi dulu dengan seluruh penghuni rumah. Sebab, seluruh isi rumah akan terlibat langsung dengan adanya peternakan puyuh tersebut.
Bila kita telah mendapat persetujuan atau bahkan dukungan yang positif dari seluruh penghuni rumah, maka pekerjaan akan menjadi lebih ringan. Dengan demikian, penjagaan dan perawatan terhadap peternakan puyuh akan lebih terjamin lagi.
Kemudian yang perlu diperhatikan lagi ialah tempat peternakan puyuh ini tidak boleh jauh dari tempat-tempat yang menjual makanan atau ransum, vitamin-vitamin dan obat-obatan yang diperlukan oleh puyuh. Diusahakan juga agar mudah dihubungi oleh orang-orang lain yang menjadi peminatnya.
Tak kalah pentingnya lagi ialah, harus dekat dengan pasar. Dengan demikian, kita dapat dengan cepat menjual atau melempar hasil produksi telur atau pun daging puyuh itu sendiri. Bila kita telah punya langgananlangganan tetap atau pun punya sistem marketing yang baik, hal tersebut sangat menguntlmgkan.

Persiapan-persiapan lainnya sebelum memelihara puyuh adalah sebagai berikut.

1. Harus tersedia bibit yang baik.
Sebelum kita menyediakan bibit-bibit puyuh yang baik dan sehat, biasanya kita harus membeli di petemakan-petemakan yang telah berjalan baik dan sukses. Membeli calon bibit induk sebaiknya berumur kurang lebih 3 minggu. Juga usahakan jika membeli calon induk hendaknya yang telah disuntik vaksinas NCD (New Castle Disease) yang sering pula dikatakan dengan Tetelo atau carilah induk yang telah diberivaksinasi CRD (Chronic Resspiratory Disease). Dengan demikian akan lebih menjamin bahwa bibit induk ini mempunyai kesempatan untuk hidup yang lebih tinggi lagi, walaupun sebenarnya puyuh yang telah berumur 3 minggu ini jarang sekali ada yang mati.

2. Kandang
Sebelum mendapatkan bibit-bibit yang baik, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan kandang-kandang yang sehat dan memenuhi persyaratan untuk kehidupan puyuh yang layak. Artinya, mempunyai ventilasi dan penerangan yang baik. Ventilasi ini sangat penting buat kehidupan kutuk-kutuk puyuh, sebab berhmgsi pula buat pemanasan dan pengaturan temperatur anak-anak puyuh.

3. Uang tunai 
Untuk pembelian obat-obatan, vitamin dan juga makanan-makanan puyuh yang berkualitas tinggi. Persediaan uang tunai ini harus disediakan sesuai pemeliharaan selama enam bulan.

#aneka ilmu