loading...

Cara Menanam Pepaya

Apabila dilakukan penyebaran langsung maka bibit/biji pepaya tersebut kita masukkan saja ke dalam lubang dengan dalam rata- rata 1,5 cm atau paling tidak dua kali tebal biji pepaya. Kalau saja kita sebar tangsung di lapangan, maka setiap lubang hendaknya kita isi dengan paling sedikit tiga butir biji, dengan jarak rata-rata 5 cm. Selanjutnya persemaian harus diberi jarak rata-rata antara 10 - 15 cm. Kemudian jarak antara larikan sekitar 10 cm pula.


Waktu
Untuk daerah Jawa Barat memang sudah biasa menanam pepaya dengan cara menyebarkan langsung di lapangan dalam waktu 4 - 5 bulan sebelum hujan datang. Hingga dengan demikian maka pada waktu musim penghujan datang, pohon pepaya itu sendiri telah berbunga ataupun bahkan berbuah.
Sudah terang dengan cara ini pun memerlukan ketekunan dalam penanamannya, karena dalam jarak 2 sampai 3 minggu kemudian biji-biji yang disebar itu akan mulai tumbuh.

Kalau saja kita telah menyebar, maka yang harus dijaga adalah, jangan sampai tanah tersebut menjadi kering. Sebaiknya biji yang telah kita sebar itu langsung saja di tutup dengan rumput yang telah kering, dengan demikian berarti kita telah melindungi tanah agar 
tidak cepat kering.


Jarak dan Lubang Tanaman
Pohon pepaya dalam pertumbuhan pertamanya haruslah terjamin subur dan cepat berbuah. Karena itu sudah wajar kalau pepaya ini minta tempat yang subur dan memenuhi persyaratan untuk dapat mengembangkan akarnya yang cepat meluas. Adapun syarat-syarat untuk keperluan tersebut adalah:
1. lubang tanaman yang cukup luas,
2. tanah yang menjadi dasarnya tidak berpadas/cadas,
3. di dalam lubang harus tersedia pupuk kandang yang telah tua,
4. di samping pupuk kandang yang menjamin tanah tetap gembur dan dapat mengandung air, maka harus ada pupuk tambahan berupa pupuk buatan yang mengandung zat N, P, dan K. Keseluruhan dari pupuk-pupuk inilah yang kemudian kita sebutkan sebagai pupuk dasar. Pupuk tambahan dapat kita berikan nanti setelah sebulan biji ditanam.

Jarak Tanam
Jarak tanam yang baik untuk setiap pohon dengan pohon yang lainnya menurut penyelidikan dan pengalaman para petani pepaya yang telah berhasil adalah sekitar 2,5 - 3 meter. Ada pula petani pepaya yang menanamnya dengan jarak tanam lebih dari 4 meter. Hal ini dikarenakan di antara pohon pepaya akan ditanami tanaman sela. 

Ukuran Lubang

Lubang ukuran yang normal biasanya adalah 0,5 x 0,5 x 0,5 meter.