loading...

Peralatan Kandang Puyuh

Setelah kandang jadi kita buat, maka kita harus memikirkan pula peralatan-peralatan kandang. Peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.


1. Tempat Makanan
Tempat makanan untuk puyuh ini sebaiknya memang dibuatkan tersendiri dari seng atau kaleng dengan ukuran memanjang 40 sampai 60 cm. Kemudian di bagian atasnya berlubang, dan lubang ini harus lebih besar dari kepala puyuh, burung tersebut dapat mematuk makanan yang berada di dalamnya. Kalau tidak dibuatkan dari seng, dapat juga dibuatkan dari papan tipis atau tripleks. Namun bila keadaan mendesak, dapat juga dipergunakan besek (anyaman bambu). Namun demikian kalau menggunakan besek, makanan dapat dengan mudah tertumpah.



2. Tempat Minuman
Tempat minuman untuk burung puyuh ini banyak dijual di pasar- pasar burung. Biasanya tempat minuman ini dibuat dari plastik atau botol-botol plastik yang dapat mengeluarkan air sedikit demi sedikit. Dibuat dari botol plastik agar mudah dibersihkan. baik luar maupun dalamnya. Botol plastik juga sangat praktis dan mudah, ringan serta mudah dipindahkan ke mana-mana sesuai dengan keperluan. Hal yang harus diperhatikan, tempat minum buat anak-anak puyuh, harus diberi kerikil, kelereng atau koral lain, dengan maksud agar anak puyuh ini kalau minum dan terkena air tidak menjadi basah kuyup sekujur badannya. Sebab, kalau anak puyuh ini badannya sampai basah kuyup maka bisa menimbulkan kematian. Memang burung  puyuh terkenal sebagai jenis burung yang tak pernah mandi, bila sekali mandi maka akan mati.

3. Lampu
Setiap bagian kandang harus terang, bukan hanya terang sinar matahari saja, akan tetapi juga terang dari penyinaran lampu, baik lampu listrik atau lampu minyak tanah.  Setiap bagian kandang harus mempunyai lampu sendiri-sendiri.

Lampu berfungsi sebagai penerangan di malam hari dan penghangat. Dalam prakteknya, burung-burung puyuh memang perlu penerangan, sebab ia makan, minum, kawin di setiap saat, siang atau pun malam. Lampu yang biasa dipergunakan kalau untuk daerah yang berhawa panas, pada siang hari memerlukan 40 watt dan malam harinya 60 watt. Tapi kalau musim penghujan pada siang hari memerlukan 60 watt. 

Boleh kita tambah dengan batang untuk tenggeran. Akan tetapi sebenarnya batang untuk tenggeran ini gunanya hanya untuk perhiasan saja, sebab burung puyuh tidak pernah mau bertengger. Lain sekali dengan burung-burung lain yang gemar bertengger pada kandang burung puyuh bila tidak diberi tenggeran juga tak apa-apa