loading...

Perbandingan Beternak Puyuh dengan Ayam

Burung Puyuh
Kebutuhan modal untuk peternakan puyuh tidak mutlak harus besar, bahkan dengan modal kecil pun kita dapat mulai beternak puyuh. Lokasi atau tempat beternak tidak memerlukan tempat yang luas, ukuran 1 m2 saja kita telah bisa beternak sekitar 50 ekor. Bukan hanya itu saja, bahkan kandang itu bisa juga dibuat bertingkat 2 atau bahkan 3 tingkat. Kotoran atau tahi puyuh ini tidak memberi bau yang amat menyolok, dengan demikian akan lebih kecil adanya kemungkinan untuk diprotes oleh para tetangga. Tubuh burung puyuh lebih kuat dan. tahan terhadap penyakit, ternak puyuh ini dapat dilakukan dimana saja walaupun keadaannya sedikit ramai puyuh dapat bertelur di mana saja. Makanan yang diperlukan puyuh jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kebutuhan makanan ayam.

Ayam
Kebutuhan modal untuk beternak ayam jauh lebih besar kalau dibandingkan dengan beternak puyuh. Jika orang ingin beternak ayam, harus mempunyai modal yang cukup besar. Lokasi atau tempat untuk beternak ayam ini memerlukan tempat yang luas walaupun kandangnya dapat dibuat susun. Kotoran atau tahi ayam mengeluarkan bau yang tak sedap, dan bau itu sangat menyolok dengan demikian apabila kita beternak ayam di halaman rumah yang berdekatan dengan tetangga, banyak kemungkinan diprotes oleh tetangga.
Tubuh dan kondisi ayam walaupun lebih besar kalau dibandingkan dengan burung puyuh, akan tetapi lebih lemah dan lebih mudah diserang penyakit bila dibandingkan dengan burung puyuh yang kecil itu. Untuk kebutuhan makanan ayam pun jauh lebih besar bila dibandingkan dengan puyuh. Selain itu telur ayam kulitnya tipis dan mudah pecah bila dibandingkan dengan persentase kepecahan telur puyuh. Semakin banyak telur yang pecah, akan semakin merugikan buat para pemeliharanya.

Selain itu, kita tak boleh menutup mata bahwa orang telah lebih mengenal telur ayam dibandingkan dengan telur burung puyuh. Boleh dikatakan bahwa telur burung puyuh ini belum merakyat seperti telur ayam. Hampir setiap rumah tangga memerlukan telur ayam, namun tidak demikian dengan kebutuhan telur burung puyuh. Sebenarnya hal ini memang wajar, sebab peternak- peternak puyuh ini kebanyakan hanyalah orang-orang kota saja belum sampai ke pelosok desa. Bahkan kalau boleh dikatakan secara terus terang, orang yang beternak puyuh ini kebanyakan adalah orang-orang terpelajar. Selain itu orang beternak puyuh ini, kebanyakan adalah untuk memenuhi hobbynya saja, dan sangat jarang yang menernakkan untuk kebutuhan produksi.