loading...

Cara Merawat Sapi Bunting

Umur sapi yang telah mencapai usia 15 sampai 18 bulan dapat dikawinkan untuk pertama kalinya. Sapi betina yang tidak bunting setelah dikawinkan akan mengalami siklus berahi 21 hari sekali dan lama berahi rata-rata 18 jam. Sapi yang tampak berahi dapat dikawinkan pada pertengahan masa berahi. Jika perkawinan pertama atau kedua tidak berhasil, biasanya perkawinan ketiga sering membawa hasil.
Sapi yang mulai bunting, maka perawatan secara khusus harus kita lakukan. Untuk itu perlu adanya perawatan sebagai berikut.
  1. Makanan untuk sapi bunting perlu diperhatikan lebih serius. 
  2. Keadaan fisik sapi bunting ini akan mempengaruhi produksi selama masa laktasi mendatang. 
  3. Sapi yang telah bunting tua perlu dilepaskan di lapangan secara teratur. Dengan dilepas bebas di lapangan maka sapi tersebut dapat dengan bebas bergerak kemana-mana dan ini merupakan gerak badan sapi tersebut. Gerak badan itu penting untuk menjamin kesehatan tubuhnya dan memperlancar foetus pada saat melahirkan.
  4. Sapi yang sedang bunting harus kita hindarkan dari benturan apapun, termasuk jangan sampai tergelincir.
  5. Pemerahan susu haruslah diperhatikan, ketika sapi akan melahirkan kurang dari 1,5 ataupun 2 bulan.
  6. Menjelang induk sapi ini melahirkan, maka harus ditambah lagi makanan yang cukup dan ditambah makanan penguat yang kandungan Proddnya 16%, jumlahnya 2 - 3 kg /ekor untuk setiap harinya. Hal ini berguna sekali untuk:
  • membantu pembentukan ambing, terutama pada sapi dara; 
  • membantu pembuatan kolestrum.

Makanan ini sangat diperhatikan benar-benar karena akan mempengaruhi fisik. Keadaan fisik sapi bunting akan menentukan produksi susu selama masa laktasi mendatang. Telah diketahui bahwa sapi bunting perlu dilepaskan di lapangan terbuka agar dapat bebas bergerak. Gerak badan ini sangat penting pula artinya buat sapi yang bunting, keuntungan gerak badan tersebut adalah  sebagai berikut.
a. Otot-otot daging memperoleh latihan sehingga memperlancar peredaran darah.
b. Menjaga kesehatan, bentuk dan posisi kuku sapi supaya tetap baik.

Gerak badan sapi atau melepaskan sapi bunting di lapangan terbuka ini, sebaiknya di tempat yang berumput dan terkena sinar matahari selama 1 - 2 jam. juga sebaiknya sapi tersebut dilepaskan 
setelah dimandikan terlebih dahulu.