loading...

Inilah Cara Budidaya Ikan Mas

Penulis : Sartono

Ikan Mas (Carassius auratus) atau dalam bahasa lnggris disebut Goldfish merupakan salah satu ikan terawal yang dibela jinak. Sebelum dipijahkan/ dikawinkan ikan Mas perlu diberok (dipisahkan antara betina dan jantan) selama 3 hari.

Kolam untuk pemijahan dikeringkan selama 5 - 7 hari agar bakteri maupun parasit yang ada di kolam mati. Setelah dasar kolam betul-betul kering kolam diisi air sampai setinggi 65 cm. Kolam dilengkapi dengan tempat untuk bertelur, yaitu ijuk atau sabut yang tengahnya dijepit dengan dua bilah bambu yang disebut dengan kakaban. Kakaban diletakkan 10 cm di bawah permukaan air. Kemudian induk jantan dan betina dimasukkan ke dalam kolam dan diberi makanan yang cukup hingga terjadi pemijahan. Telur yang dihasilkan akan menempel pada kakaban. 

Kakaban yang telah berisi telur segera dipindahkan ke kolam penetasan, yaitu kolam segiempat yang keadaan airnya cukup jernih dan dasar kolam dapat terkena sinar matahari. Setelah telur menetas kakaban dapat diambil dan benih dipindahkan ke kolam pemeliharaan.

Pemeliharaan

1. Kolam
Kolam dibuat berbentuk segiempat, seluruh dinding dan dasar kolam sebaiknya dibuat permanen. Air harus mengalir sepanjang waktu dalam jumlah yang cukup besar. Pada pintu pemasukan dan pembuangan air dilengkapi dengan saringan dan dasar kolam dibuat miring ke arah pintu pembuangan air.

2. Pengairan
Air yang jernih dan segar dapat merangsang nafsu makan ikan Mas. Oleh karena itu, kolam harus dijaga kesegarannya, yaitu berasal dari sumber yang jernih. Kejernihan air dapat dilihat dari dalamnya sinar matahari yang dapat masuk ke lapisan air. Semakin dalam lapisan air yang dapat ditembus sinar matahari, semakin baik kualitas air tersebut.

3. Penebaran Benih
Benih ikan Mas ditebarkan di kolam pada pagi atau sore hari dimana suhu air masih rendah. Padat penebaran sekitar 1 - 2 kg tiap meter kubik air kolam.


4. Makanan
Makanan ikan Mas sebaiknya diberikan dalam bentuk pelet yang mengandung unsur-unsur yang diperlukan untuk pertumbuhan ikan. Pemberian makanan dilakukan 3 kali sehari dengan jumlah yang sama untuk setiap kali pemberian. Tempat yang baik untuk pemberian makanan adalah di dekat pemasukan air. Pemberian makanan dilakukan dengan cara menebarkan pada populasi ikan. Setiap pemberian makanan diusahakan agar ikan tidak terlalu kenyang. Jika 25% ikan yang mengerumuni makanan telah meninggalkan tempat makan, maka pemberian makanan dihentikan.

5. Panen
Dalam waktu pemeliharaan selama 6 bulan, ikan Mas dapat dipanen hasilnya dengan cara penangkapan atau pengeringan kolam.