loading...

Penyerbukan Buatan Pada Pepaya



Penyerbukan Buatan
Kalau kita ingin menjamin adanya pembibitan yang dapat menghasilkan tanaman pepaya yang sifat-sifatnya seperti apa yang kita kehendaki maka yang harus diperhatikan sebagai berikut.

  1. Pepaya yang dapat berbuah sepanjang tahun dengan tidak ada kekosongan.
  2. Bentuk buahnya merata dalam sebuah kebun, contohnya saja bentuk elongata yang hanya dapat dihasilkan oleh bunga petandria sempurna atau khusus jenis pepaya jingga.

Hasilnya tiap bulan bisa diharapkan, dan tak ada waktu yang kosong sebagai akibat dari musim kemarau. Mutu buahnya baik artinya: rasanya manis dagingnya dapat bertahan lama dan tidak cepat lembek bila sudah masak. Untuk inilah maka penyerbukan buatan perlu dilakukan. Sedangkan untuk keperluan tersebut pelaksanaannya mudah saja. Kita dapat mengerjakan sendiri dengan cara: mencari pohon pepaya yang berbuah terus-menerus; memilih bunga yarg bakal buahnya elongata dan terletak pada ujung bunga majemuk dan yang sudah hampir mekar.

Selanjutnya buanglah bunga lainnya yang berada di bawahnya; mengambil bunga jantan yang setangkai dengan bunga yang dibungkus, ini dilakukan 1 minggu sebelum penyerbukan; pilihlah bunga jantan yang belum membuka dan sudah berwama Putih; setelah kita memilih bunga betina dan kemudian bunga betina yang terpilih ini ditutup dengan kantong kain dan diikat rapat-rapat.

Sehari sebelum bunga yang dibungkus itu membuka, maka serbukkanlah dengan tepungsari dari bunga jantan tersebut. Bunga jantan yang telah disimpan satu minggu lamanya pada saat penyerbukan, tepung sarinya telah tampak bergumpal pada benang sari. Untuk mempermudah penyerbukan buatan ini, maka terlebih dahulu kita harus membuang semua daun bunganya.

Setelah penyerbukan selesai maka tutuplah dengan kantong dan kemudian diikat erat-erat. Sepuluh hari setelah itu kantong dibuka; maka tampaklah akan ada perubahan dalam pertumbuhan bakal buahnya. Dengan demikian, maka selesailah tugas kita untuk membuat perkawinan buatan untuk pepaya kita ini. Perkawinan ini disebut perkawinan bunga sempurna diserbuk sendiri. Supaya berhasil dalam penyerbukan, maka harus mempunyai syarat: diketahui orang tuanya/ asal pohon,
sifat-sifat orang tuanya/pohon asalnya, dapat dihitung, berapa banyak pohon pepaya yang berkelamin betina dan yang sempurna. Perkawinan ini akan menghasilkan tanaman yang perbandingan sexnya 1 jantan :2 hermaphrodit : O betina.