loading...

Pemupukan Dasar Pada Pepaya

Pemupukan Dasar

Pemupukan pada pepaya berguna agar pepaya dapat tumbuh subur sehingga menghasilkan buah yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Pemupukan pada pepaya ada dua macam, yaitu pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang dan pemupukan dengan pupuk buatan.

Kalau saja kita menanam pepaya dalam tanah yang berjenis latosol maka caranya memberi pupuk adalah: untuk pupuk kandang memerlukan 2 kaleng dalam setiap lubang. Jadi setiap hektarnya membutuhkan pupuk kurang lebih 30 ton. sedangkan pupuk buatan 1 bulan setelah menanam memerlukan 50 gram ZA, 45 gram DS, dan 20 gram ZK. pupuk buatan selanjutnya akan kita berikan setiap tiga bulan.


Kemudian kalau menurut data-data dari Fertilizer Use, maka pemberian pupuk itu akan diberikan dengan ukuran: Adapun pemberiannya adalah sebagai berikut. 

130 gram ZA atau sama dengan 65 gram Urea. 
90 gram DS atau sama dengan 180 gram superfosfat.

Pemupukan pertama pada umur 2 - 6 bulan, 
35 - 70 gram ZA rata-rata 50 gram. 
35 - 87 gram DS rata-rata 60 gram. 
14 - 28 gram ZK rata-rata 20 gram.


Untuk data-data ini memang telah dibuktikan kebenarannya di laboratoiium. Sedangkan untuk pemupukan yang diberikan oleh para petani kita itu hanyalah sebagai patokan, walaupun mereka telah sukses dalam penanaman, akan tetapi jumlah pupuk yang diberikan itu belum diselidiki di laboratarium.

Apabila ditinjau menurut daerahnya, maka cara pemupukan para petani pepaya kita itu masih harus diselidiki lagi. Sebab, jumlah yang  diberikan untuk daerah yang panas belum tentu cocok buat daerah yang dingin. Misalnya saja pohon pepaya yang ditanam di Jakarta ataupun di Surabaya, akan tidak cocok pemberian pupuknya kalau disamakan untuk daerah Malang ataupun Bandung. Maka, untuk pemupukan yang baik, jumlahnya dapatlah ditanyakan saja langsung pada Dinas Pertanian untuk daerah masing-masing. Dinas Pertanian untuk setiap kota akan memberikan gambaran yang sesuai dengan kondisi wilayah.