loading...

Syarat Kandang Puyuh yang Baik

Kandang merupakan tempat puyuh untuk bertelur. Pembuatan kandang ini harus memenuhi syarat agar puyuh bisa hidup dengan nyaman dan sehat. Pembuatan kandang untuk ternak burung puyuh haruslah memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Usahakan kandang peternakan burung puyuh ini berada di dalam sebuah mangan yang tidak terkena tetesan air hujan atau angin yang keras. Harus dipilihkan tempat yang tidak lembap, selain itu peredaran udaranya bagus, atau paling tidak mencukupi.

2. Kita harus mengusahakan agar kandang tersebut berada di tempat yang tidak terlalu berisik. Jauhkan kandang dari sumber suara yang dirasa akan mengganggu kehidupan puyuh.

3. Usahakan bahwa di sekitar kandang burung puyuh ini tidak terdapat banyak ayam-ayam kampung, burung merpati, tikus, kucing, burung gereja atau unggas lainnya. Sebab, hewan-hewan tersebut baik secara langsung maupun tak langsung dapat menjadi penyebar penyakit. Hal ini tentu berbahaya bagi kelangsungan hidup puyuh.

4. Kandang burung puyuh ini jangan berada di dekat penyimpanan timbunan minyak tanah, bensin, kapur, atau bahan-bahan kimia lainnya yang dapat mengganggu pernapasan burung puyuh tersebut.

5. Kita harus mengusahakan agar lantai kandang burung puyuh itu tidak lembap atau dingin. Kalau akan dibuat kandang yang berupa bangunan sebaiknya lantainya adalah susunan batu merah/bata, atau bisa juga dari campuran pasir, semen merah, kapur, dan sedikit semen. Kalau mau yang paling baik, pakai saja dasar dari bahan tras. 

Namun jangan sekali-kali memakai dasar lantai tegel atau plesteran, sebab hasilnya tidak baik. Hal itu akan mempengaruhi produksi kelak, artinya bila puyuh kita ini diberi alas plesteran akan membuat burung puyuh kedinginan dan menyebabkan produksi telurnya berkurang. 

Permukaan pakai kawat ram, hingga udara dapat berganti dengan baik dan ini merupakan ventilasi buat pertukaran udara. Bisa juga dipakai untuk melihat mengontrol keadaan puyuh dengan gampang. 
Itulah enam faktor persyaratan ideal buat kandang burung puyuh. Semakin nyaman puyuh di kandang maka akan baik pula produksi telur yang dihasilkan nanti.