loading...

Cara Persemaian Biji Pepaya

Pepaya merupakan buah lezat yang kaya akan vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata. 
Cara penanaman biji pepaya ini dapatlah dilakukan dengan berbagai macam yaitu dengan jalan: 1. disebarkan langsung di lapangan, 2, disemaikan terlebih dahulu di persemaian, 3. persemaian dalam kantong plastik.

1) Disebarkan Langsung di Lapangan
Apabila kita tilik untung dan ruginya menanam pepaya dengan cara menyebar langsung dalam lubang tanaman yang telah tersedia, maka adalah sebagai berikut. Keuntungan Persemaian pepaya tidak mengalami kerusakan akar baik itu akar pancar ataupun akar mayangnya, dapat tumbuh langsung tanpa ada hambatan dalam pertumbuhan akar pancar maupun batangnya, pohon yang tumbuh dari cara ini akan cepat berbuah,  tidak memerlukan biaya tambahan untuk membuat persemaian, biaya pemindahan, dan ekstra penyulaman.
Kerugian
memerlukan banyak biji, memerlukan penjagaan ekstra. apabila tak ada air yang mudah diangkut maka tidak mungkin menyebar pada musim kemarau. memerlukan pemeliharaan yang serius dan terutama dalam bidang penyiraman.


2) Disemaikan Terlebih Dahulu di Persemaian
Dengan jalan penyemaian terlebih dahulu, ini berarti menjamin ketersediaan bibit yang dapat disebarkan setiap waktu. Tentu saja dengan cara ini maka memerlukan biaya ekstra bila dibandingkan dengan jalan penyebaran langsung. Selain itu, pemindahan dari persemaian ke kebun pepaya, maka akan mengakibatkan pertumbuhan pohon itu sendiri agak terlambat. Apa lagi kalau pemindahan ini dilakukan pada musim kemarau dan membutuhkan pohon pelindung.

Logis kalau setiap kegiatan ada kerugiannya, maka ada juga keuntungannya. Keuntungan tersebut adalah kita dapat mencari bibit yang lebih besar dan cocok untuk ditanam di kebun. Hingga dengan demikian pohon pepaya yang tumbuh, usianya sama.

3) Persemaian dalam Kantong Plastik
Persemaian dalam kantong plastik ini dapat kita lakukan dalam setiap waktu. Kalau saja kita ingin merencanakan penanaman di awal musim kemarau, maka dengan enak kita dapat menanamnya. Kemudian kalau kita bandingkan dengan persemaian biasa, maka persemaian dalam kantong plastik ini tidak akan merusak akar dari pohon pepaya itu sendiri. Tanah dalam plastik itu pun dapat kita buat sama kesuburannya. Untuk keperluan tersebut, kita harus memilih kantong plastik yang berwarna hitam dan berukuran antara 10 cm lebarnya dan 20 cm dalamnya. 

Apabila dikehendaki biar agak lama di dalam kantong plastik maka harus dicarikan kantong plastik yang lebih besar lagi. Kalau kita menyemaikan dalam kantong plastik, maka penanaman pohon ini kelak di kebun haruslah kita usahakan agar jangan ditunggu sampai akar pancarnya melingkar di dalam plastik.