loading...

Memelihara Bebek Pedaging

Sesungguhnya beternak bebek merupakan lapangan usaha yang bisa dilakukan dalam skala kecil hingga skala besar. Telur maupun dagingnya tetap dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, misalnya kita lebih tertarik untuk mendapatkan hasil dari penjualan daging maka dapat memilih beternak bebek pedaging.

Bebek pedaging bukanlah jenis bebek tertentu, tetapi dari sembarang bebek. Biasanya para peternak memilih DOC jantan untuk dibesarkan dalam umur tertentu kemudian dijual sebagai bebek sayur (Pedaging).

1. Harga Daging Bebek Stabil

Budidaya bebek darat di negeri ini semakin tahun semakin menjamur, terutama di masa-masa sulit seperti ini. Meskipun demikian, kita tidak pernah menjumpai harga daging bebek atau telurnya mengalami kemerosotan. Harga daging bebek dan telurnya relatif stabil.
Ini menandakan bahwa semakin lama masyarakat kita semakin gemar terhadap daging maupun telur bebek. Buktinya, di tahun delapan puluhan, kita jarang menjumpai warung yang menjual ‘nasi bebek’. Namun kemudian salah seorang mempunyai ide untuk menjual nasi dengan menu daging bebek. Alhasil ia mendapat sambutan yang cukup baik dari pelanggan. Dari tahun ke tahun bermunculan warung ‘nasi bebek’. Hal itu tampaknya diikuti pula oleh restoran-restoran besar. Masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi menyukai daging bebek. Para peternak pun tidak hanya memasok pedagang kecil di pasar-pasar rakyat, tetapi. juga telah merambah supermarket maupun restoran- restoran.

2. Cara Mendapatkan Bibit

Cara mendapatkan bibit (DOD/meri) untuk dipersiapkan sebagai bebek pedaging tidak terlalu sulit. Kita bisa menetaskan sendiri dengan menggunakan mesin tetas yang berkapasitas di atas seratus butir. Jika menetaskan sendiri, tentunya untuk mendapatkan telur haruslah kita membeli kepada peternak bebek petelur. Sebelum membeli tanyakan kepada peternaknya, apakah telur-telur itu masih baru atau sudah tersimpan lama. Jangan membeli telur yang sudah tersimpan lama karena daya tetasnya sedikit.  Namun bila kita tidak mau repot, maka dapat langsung membeli DOD kepada peternak yang khusus penetasan DOD atau meri (anak bebek). Belilah DOD jantan karena harganya lebih murah daripada DOD induk. Pilihlah bebek jawa, bebek alabio atau bebek manila untuk dibesarkan sebagai bebek pedaging. Sebab masyarakat kita suka mengkonsumsi daging bebek jenis tersebut dibandingkan bebek jenis lainnya.

3. Pemeliharaan dan Perawatan

Pemeliharaan dan perawatan bebek pedaging tidak beda jauh dengan bebek yang dipersiapkan sebagai pencetak telur. Ketika di bawah umur dua minggu, anak-anak bebek tersebut tetap dirawat dalam kotak induk dan diberi lampu pemanas. Ransum yang disajikan ialah konsentrat all mash (halus). Memasuki umur satu bulan, ransum sudah harus dicampur dengan bahan-bahan lainnya yang murah dan mudah didapat.

Dedak bekatul maupun bungkil kedelai boleh dicampurkan pada konsentrat (all mask). Hal ini untuk menekan sekecil mungkin biaya perawatan. Jadi, pemberian ransum agak berbeda ketika bebek melampaui dari umur satu bulan. Mengapa? Sebab bebek yang kita pelihara hanya untuk dibesarkan, bukan untuk dipersiapkan sebagai pencetak telur. Jenis ransum yang mempercepat pertumbuhan, sangat baik bagi bebek-bebek pedaging. Sehingga dalam usia yang relatif muda (tetapi beratnya telah memenuhi syarat) sudah bisa kita jual. Hal yang penting untuk diperhatikan ialah kita tetap menjaga agar jangan sampai bebek-bebek itu terserang penyakit.

Ketika bebek telah berumur 3 - 4 bulan, sudah bisa kita jual dan kandang kita ganti lagi dengan bebek yang lebih muda. Oleh karenanya, beternak bebek pedaging harus terus-menerus. Artinya, kita harus merawat dari berbagai umur. Misalnya selang seminggu sekali, sehingga setiap minggu kita mendapatkan pemasukan dari penjualan bebek yang kita besarkan.