loading...

Inilah Produk dari Lebah Selain Madu

Merupakan suatu kebahagiaan bagi setiap peternak lebah karena banyak bahan-bahan yang dihasilkan oleh lebah sangat bermanfaat bagi manusia serta memiliki nilai jual tinggi, diantaranya madu, tepung sari, zat perekat, royal jelly, dan malam.


1. Madu
Madu merupakan produksi utama yang dihasilkan lebah, bentuknya berupa cairan kental manis yang berasal dari nektar. Seekor lebah madu dengan beberapa kali penerbangan dapat mengumpulkan nektar  50 mgr / hari. Pada madu terkandung zat-zat mineral (kapur, fosfat, magnesium, dan besi) yang sangat bermanfaat bagi manusia. Madu dapat membantu pembentukan butir-butir darah merah.

2. Tepung Sari (Pollen)
Tepung sari bunga dikumpulkan oleh lebah pekerja lalu disimpan dekat sel-sel yang berisi larva. Bahan ini digunakan sebagai makanan larva, caranya tepung sari dicampur air sehingga membentuk adonan yang sering disebut roti lebah. Di samping itu, pollen banyak mengandung vitamin dan protein sehingga banyak dibutuhkan oleh industri obat-obatan. Pengambilan pollen dapat dilakukan dengan memasang alat pengumpul dekat pintu stup (kandang).

3. Zat Perekat (Propolis)
Pengumpulan propolis oleh lebah biasanya dilakukan pada waktu siang hari dalam cuaca cerah, karena mudah diambil. Bahan propolis diambil dari zat perekat yang terdapat pada tunas-tunas daun. Propolis oleh lebah pekerja digunakan untuk membangun sarang atau memperbaiki celah-celah sarang yang telah rusak.

4. Royal Jelly
Royal jelly dapat dideskripsikan sebagai cairan kental berwarna putih susu, rasanya asam, dan kaya akan kandungan nutrien. Royal jelly dihasilkan oleh lebah pekerja dan hanya diberikan kepada ratu. Manfaat royal jelly di bidang kesehatan adalah untuk menyembuhkan penyakit lemah syahwat, gangguan saluran pencernaan (mag), pasca penyembuhan operasi, dan kencing manis. Royal jelly memiliki prospek yang sangat baik karena harganya bisa mencapai Rp500.000,00 /kg. Untuk memperoleh royal jelly dalam jumlah banyak dari suatu koloni, maka perlu diusahakan dengan teknik pencangkokan.

5. Malam (lilin)
Malam lebah dapat diperoleh dengan cara mengumpulkan sarang lebah yang telah rusak, lilin penutup madu, dan lilin penutup royal jelly. Lilin lebah yang berkualitas baik akan menunjukkan penampilan warna yang terang. Kegunaan lilin adalah sebagai bahan industri batik, bahan industri sepatu, semir sepatu, salep, dan bahan pembuatan fondasi sarang.