loading...

Manfaat Beternak Burung Puyuh

Ayam dan itik telah banyak diternakkan orang dan pemerintah telah dan memberikan perhatian yang khusus buat peternakan ayam, kini puyuh pun dijadikan bisnis yang baik, asalkan mendapat perhatian yang khusus. Apalagi puyuh tidak seperti ayam yang memerlukan perhatian khusus dalam hal penyakit. Ditambah dengan daya tahan puyuh yang lebih kuat bila dibandingkan dengan daya tahan ayam, maka sudah seharusnya bila peternakan puyuh lebih berhasil bila dibandingkan dengan ayam.


Apa yang bisa kita ambil manfaatnya dari puyuh? Manfaat dari puyuh dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Telur Puyuh
Orang beternak puyuh, pasti yang diharapkan paling utama adalah telurnya karena telur ini yang menjadi penghasil utama dari  peternakan puyuh. Apalagi sekarang pasaran telur puyuh sedang berkembang dan menjadi mode. Selain orang mempergunakan untuk obat-obatan tradisional, juga banyak masakan modern yang mulai mempergunakan telur puyuh misalnya bakso telur puyuh, sambel goreng telur puyuh, Sop telur puyuh dan lain-lain.


2. Daging Puyuh
Daging burung puyuh adalah menu yang gurih dan tak kalah enaknya bila dibandingkan dengan unggas-unggas lainnya. Cara pemasakannya pun tidak susah. Biasanya hanya cukup dikupas kulitnya hingga semua bulu-bulunya ikut terkupas dan diberi bumbu untuk digoreng. Daging burung puyuh biasanya diambilkan dari burung-burung puyuh yang berkelamin jantan, sebab burung puyuh jantan hanya akan menghabiskan makanan saja dan tentu saja itu berarti memperbesar ongkos pemeliharaan. Hasil memelihara puyuh boleh dikatakan tidak ada hasilnya sama sekali, kecuali hanya untuk pejantan saja. Ini pun hanya memerlukan sedikit.

3.Kotoran Puyuh
Kotoran puyuh ini tidak menyengat baunya, maka setiap harinya bisa diambil dan disimpan untuk dikumpulkan. Dari kumpulan kotoran itulah nantinya bisa dibuat rabuk atau pupuk yang baik untuk tanaman sayuran atau bunga-bungaan.

4. Sebagai Tabungan
Selain telur, daging, dan kotorannya, maka puyuh bisa digolongkan sebagai tabungan dari pemeliharaannya, apabila kita telah menetaskan dan mempunyai beberapa ribu ekor puyuh yang remaja dan siap bertelur, biasanya bibit-bibit babon (induk) ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin memulai beternak puyuh. Dengan demikian kita akan dapat menjualnya, dan jangan lupa harganya pun cukup mahal. Bukankah ini merupakan tabungan yang sangat baik? Sewaktu waktu kita perlu uang, maka peternakan ini pun dapat dijadikan jaminan kepada bank untuk mendapatkan pinjaman