loading...

Begini Memanen Lebah Madu 1

A. Panen Madu.
Merupakan suatu kebahagiaan bagi setiap peternak lebah untuk memperoleh hasil karyanya berupa madu, royal jelly, dan malam. Hasil madu yang dipanen sangat tergantung pada kemurahan alam. Pada saat musim bunga, tentu akan lebih banyak menghasilkan madu.


Madu siap panen adalah madu yang berkadar air 20 % yang ditandai sel-sel sarang penyimpanan madu tebal telah tertutup lilin. Rasa dan warna madu bervariasi karena berasal dari bunga yang berbeda. Madu kapuk berwarna kuning cokelat, sedangkan pada madu kopi berwarna cokelat tua dan rasanya agak pahit.

Apabila sel-sel sarang madu telah tertutup oleh lapisan lilin, keadaan ini menunjukkan madu siap dipanen. Umumnya nadu yang sudah masak setelah 1-2 minggu musim bunga tangan memanen madu terlalu muda karena mudah mengalami peragian, sehingga rasa madu agak asam. Demikian pula memanen madu terlalu masak akan lebih sulit dikeluarkan dari sel-sel sarang madu karena sudah mengkristal.

Pengambilan madu sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari ketika cuaca cerah, yaitu saat lebah melakukan aktivitasnya mencari makan (nektar dan pollen). Saat memungut madu, sebaiknya posisi pemungut tidak berdiri di depan pintu rumah lebah karena bisa mengganggu aktivitas lebah.

B. Perlengkapan Petugas
Untuk memperlancar pekerjaan dan keselamatan dirinya, pemungut madu harus dilengkapi dengan beberapa peralatan antara lain.
1. Pengasap (smoker), berguna untuk menjinakkan lebah dan memutuskan komunikasi antaranggota koloni lebah. Dengan demikian bila ada lebah yang menyengat, tidak diikuti anggota koloni lebah lain.
2. Topeng muka (masker), berguna untuk melindungi bagian kepala dari sengatan lebah. Bagian muka masker bisa menggunakan kain kelambu atau kawat kasa.
3. Pengungkit (hive tool), berguna untuk membantu mengangkat sisiran yang melekat pada kotak.
4. Sarung tangan (glove), berguna untuk melindungi tangan dari sengatan lebah.
5. Sikat lebah (bee brush), berguna untuk menyingkirkan lebah dari sisiran.
6. Sepatu, berguna untuk melindungi kaki dari sengatan lebah yang berada di tanah.