loading...

Manfaat Kulit dan Kotoran Kelinci

Selain dagingnya yang lezat dan bergizi bagi keperluan keluarga. Kelinci juga dapat dimanfaatkan kulit serta kotorannya. Kulit kelinci digunakan untuk industri kecil. Kulitnya dapat dimanfaatkan untuk disamak dan dibuat berbagai macam kerajinan, seperti tas, topi, hiasan dinding, dan lain-lain.
sumber gambar: pixabay.com
Untuk menghendaki kulit tertentu kita bisa mengusahakan dari kulit yang tebal dan keras yang diperoleh dari kulit kelinci jantan dewasa. Untuk menghendaki kulit yang agak lemas bisa diusahakan dari  kelinci yang dikebiri dan kulit kelinci muda tentu saja tak menghasilkan kulit yang lebar. Untuk menghasilkan kulit yang baik maka diusahakan pemeliharaan yang baik pula artinya kelinci tersebut tidak terkena penyakit kulit, misalnya kudis dan eksim.

Seluk beluk kualitas dan cara pengolahan kulit kelinci ini lebih diketahui oleh pabrik kulit. Sehingga diperlukan pabrik kulit yang bersedia memberikan bimbingan menyamak kulit atau paling tidak dapat menampung hasil produksi kulit kelinci.

Sebagai catatan, ada sementara peternak luar negeri yang memelihara kelinci khusus untuk diambil bulunya. Kelinci memiliki bulu tebal. Bulunya untuk dijadikan bahan wol yang harganya mahal. Jenis kelinci yang dapat diambil bulunya yaitu kelinci Angora. Setiap tahun panjang bulunya dapat mencapai 10-15 cm. Setahun dapat dipotong 4 kali dan setelah dipotong dapat tumbuh lagi sepanjang 10 cm 

Kotoran Kelinci
Kotoran kelinci sangat bagus untuk pupuk kandang. terutama sayuran, buah-buahan dan tanaman hias. Di samping itu juga bisa digunakan untuk pupuk tanaman pada umumnya. Menurut penelitian para ahli pertanian, kotoran kelinci banyak mengandung kadar zat N. P. dan K yang sangat baik untuk jenis-jenis tanaman sehingga kita dapat memupuk tanaman pekarangan dengan tidak usah membeli pupuk.

Bentuk kotoran kelinci persis kotoran kambing. Bila Anda memelihara kelinci 10 ekor maka dalam seminggu bisa memperoleh 1 ember pupuk tanaman. Bahkan air kencing kelinci sangat baik bagi pertumbuhan tumbuhan supaya subur.