loading...

Cara Menyeleksi Telur Tetas


Telur yang dihasilkan oleh induk hasil seleksi memiliki ukuran, bentuk, dan keadaan kerabang telur yang beragam. Untuk mendapatkan telurtetasyang berkualitas baik, perlu dilakukan seleksi telur. Kriteria telur tetas yang baik sebagai berikut:

Telur diperoleh dari induk berumur 1-2 tahun untuk mendapatkan fertilitastelur tertinggi. 



Fertilitas telur akan menurun sesuai dengan bertambahnya umur induk. Demikian pula telur yang berasal dari induk yang baru pertama kali bertelur (berumur 61 2 bulan). Hal ini karena telur yang berasal dari induk dara mempunyai kulit kerabang yang tipis Apabila telur tersebut ditetaskan, akan menghasilkan anak itik yang lemah dan bulunya jarang. Sementara telur yang berasal dari induk terlalu tua (berumur lebih dari dua tahun) akan menghasilkan anak itik yang kecil dan pertumbuhan badannya lambat. 

Telur dihasilkan oleh induk yang sehat. Artinya, induk tidak mengidap penyakit yang menurun, seperti parathypus.

Telur tidak berasal dari induk yang baru mengalami gugur bulu (molting) sebab banyak mengandung air dan kuning telur (yolk) berukuran kecil sehingga tidak baik untuk ditetaskan. Oleh karena itu, sebaiknya menunggu sampai satu bulan setelah molting. 

Telur diambil dari kelompok induk yang produktivitas telurnya sudah stabil dan tinggi (70%). 

Berat telur sekitar 65-75 g/butir. 

Bentuk telur normal, yaitu tidak terlalu bulat atau lonjong (oval). 

Telur terbebas dari feses karena dapat mengandung bakteri pembusuk yang dapat masuk melalui pori pori kulit telur. Selain itu, bentuktelur tidak cacat, seperti retak, walaupun kecil. 

Ketebalan kulit telur rata dengan teksturyang halus 

Masih terdapat ruang udara pada bagian ujung telur yang tumpul. Cara mengetahuinya dengan menyorotkan lampu senter ke ujung telur yang tumpul. 

Umur penyimpanan telurtidak lebih dari satu minggu. Daya tetas telur yang sudah berumur lebih dari satu minggu akan semakin menurun.Telur yang telah berumur lebih dari satu minggu memiliki rongga udara yang besar, sedangkan rongga udara telur yang berumur kurang dari satu minggu kecil. 

Salah satu ujungnya tumpul dan ujung lainnya runcing.