loading...

Pemberantasan Penyakit Kuda (bagian 1)

Penanganan terhadap penyakit dimulai dari kemampuan kita memahami jenis penyakit dan penyebabnya. Tanpa pengetahuan itu kita justru akan Iebih menyengsarakan kuda. Penyakit yang dapat menyerang kuda dapat kita bedakan atas 4 jenis, yaitu: (1) Penyakit karena Alam; (2) Penyakit karena kecelakaan; (3) Penyakit karena parasit; dan (4) Penyakit karena virus dan bakteri atau mikroorganisme.
source : www.pixabay.com

1. Penyakit Karena Alam
Penyakit karena alam maksudnya adalah penyakit pada kuda yang disebabkan oleh kondisi alam dan membuat kuda menderita sakit. Penyakit penyakit oleh karena kondisi alam tersebut tidak jarang membuat kuda menjadi lumpuh bahkan bisa mati. Penyakit-penyakit yang dimaksud adalah sebagai berikut

a. Keracunan
Penyakit ini dikarenakan kuda memakan rumput atau tanaman di alam bebas yang tercemar oleh racun atau bakteri. Mungkin saja rumput-rumput tersebut sudah tercemar dengan obat-obat kimia pertanian. Pengobatannya adalah pemberian cairan anti racun. Misal dengan memberikan minum air kelapa hijau, yang menjadi jamu herbal penetral racun dan sebagainya. Jika kondisi kritis dapat segera dipanggilkan dokter hewan.

b. Kembung Perut
Penyakit kembung perut disebabkan oleh faktor faktor kelembaban dan kuda dalam keadaan Iapar. Kondisi kandang yang Iembab dan keterlambatan pemberian makan atau terlalu banyak minum akan mengakibatkan kuda menderita perut kembung karena masuk angin. Pengobatannya adalah pemberian jamu-jamuan atau obat yang mampu membuat kuda kentut atau mengeiuarkan angin dalam perutnya, kemudian memberikan makan sedikit demi sedikit.

c. Keguguran
Keguguran dapat disebabkan karena perawatan yang kurang baik, terutama dari segi kesehatan kuda dan pemberian menu makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan kuda bunting. Atau karena sebab sebab memakan makanan di alam yang menjadi penyebab keguguran.
Pencegahannya adalah menghindari kesalahan perawatan dan pemberian menu makanan. Selain itu ketika kuda berada dalam kandang usahakan tidak berada dalam kondisi tertekan.

d. Kejang Rumput
Penyakit kejang rumput ini dikarenakan kuda kekurangan mineral magnesium dan kalsium. sehingga mengalami kejang kejang, sukar bergerak dan gelisah. Jika kondisi ini tetap dibiarkan akan berakibat kuda menjadi lumpuh. Pengobatannya adalah memberikan suntikan cairan magnesium atau kalsium atau diberi minuman yang mengandung mineral magnesium dan kalsium.

e. Penyakit Avitaminosis
Penyakit Avitaminosis adalah penyakit-penyakit yang disebabkan karena kuda kekurangan vitamin, Misalnya: Sakit mata, karena kuda kekurangan vitamin A, Sakit sariawan, karena kuda kekurangan vitamin C; Sakit tulang karena kuda kekurangan vutamin D dan zat kapur. kuda menderita kurang darah, karena kekurangan vutamin B Komplek dan sebagainya. Pengobatannya adalah pemberian unsur vitamin sesuai dengan penyakit yang diderita kuda. Pemberian vitamin memang sebaiknya tidak ketika kuda terserang atau menderita sakit, namun harus sejak awal dalam pemeliharaan tersebut, unsur vitamin dalam menu makanan harus komplit dan tepat ukuran. Untuk itu selalu konsultasi kepada dokter hewan adalah jalan yang tepat. 

2. Penyakit Karena Kecelakaan
Penyakit karena kecelakaan adalah penyakit yang diderita oleh kuda dalam bentuk luka-luka, baik luka bagian dalam maupun luka di tubuh bagian luar. Penyakit ini terjadi dikarenakan kuda terjatuh, atau terkena benda-benda tajam dan mungkin juga karena perkelahian antar kuda atau dengan musuhnya.

Pencegahannya adalah berupaya menjaga jangan sampai haI-hal tersebut di atas terjadi menimpa kuda kita. Misalnya kandang yang terlalu licin sehingga dapat menjatuhkan kuda. Pengawasan agar kuda antar kuda dalam kandang tidak saling berkelahi. Hindari dalam kandang terdapat benda-benda tajam yang kemungkinan akan mengenai kuda.